DAPATKAN INFORMASI PROMO MOBIL MURAH MELALUI WEBSITE INI DAPATKAN INFORMASI PROMO MOBIL MURAH MELALUI WEBSITE INI DAPATKAN INFORMASI PROMO MOBIL MURAH MELALUI WEBSITE INI DAPATKAN INFORMASI PROMO MOBIL MURAH MELALUI WEBSITE INI DAPATKAN INFORMASI PROMO MOBIL MURAH MELALUI WEBSITE INI
Menu
Model
Beranda » Info & Promo » Mengenal Istilah-Istilah Lcev, Kendaraan Rendah Emisi

Mengenal Istilah-Istilah Lcev, Kendaraan Rendah Emisi

Dipublish pada 19 July 2018 | Dilihat sebanyak 348 kali | Kategori: Info & Promo

Mobil plug-in hybrid. Foto: Ruly KurniawanMobil plug-in hybrid. Foto: Ruly Kurniawan

Jakarta – Pemerintah ketika ini tengah menyiapkan jadwal kendaraan rendah emisi karbon atau sering disebut Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Tapi jangan salah paham, LCEV di sini bukan hanya kendaraan beroda empat listrik di dalamnya.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, meluruskan soal LCEV. Menurutnya, LCEV di sini ada beberapa tahap, termasuk kendaraan hybrid, plug-in hybrid, listrik sepenuhnya sampai kendaraan beroda empat hidrogen.

Putu menegaskan, yang dimaksud LCEV itu yakni kendaraan yang irit materi bakar dan rendah emisi. Jadi, bukan benar-benar kendaraan beroda empat listrik murni.

“Sekarang kan KBH2 (LCGC) konsumsi materi bakarnya minimal 20 km/liter. Untuk dapat meningkat jadi 30 km/liter perlu teknologi hybrid. Ada motor listriknya ada baterainya. Itu yang jadi masuk ke LCEV bila memang sudah masuk ke electified vehicle,” kata Putu di jadwal focus group discussion “Senjakala Industri Komponen Otomotif dalam Menghadapi Era Mobil Listrik di Indonesia” di Jakarta, kemarin.

Ada tiga kategori LCEV. Kategori pertama yakni LCEV berbasis mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE). LCEV berbasis ICE itu yakni kendaraan bermotor irit energi dan harga terjangkau (KBH2) atau sering dikenal dengan istilah Low Cost and Green Car (LCGC).

Mobil-mobil LCGCMobil-mobil LCGC Foto: detikOto

Sementara LCEV kategori 2 merupakan kendaraan rendah emisi karbon berteknologi hybrid elektrik. Ini yang ketika ini sedang disiapkan di Indonesia. Kendaraan LCEV kategori 2 termasuk kendaraan beroda empat hybrid dan plug-in hybrid.

Mobil Prius plug-in hybridMobil Prius plug-in hybrid Foto: Ruly Kurniawan

Dan LCEV kategori 3 benar-benar kendaraan yang nol karbon. Itu yakni kendaraan beroda empat listrik sepenuhnya yang hanya mengandalkan baterai (tanpa mesin bakar) atau kendaraan sel materi bakar (bertenaga hidrogen).

Mobil listrik Mitsubishi i-MiEVMobil listrik Mitsubishi i-MiEV Foto: Grandyos Zafna

Program LCEV memiliki tujuan tersendiri. Yang pertama, jadwal kendaraan ramah lingkungan itu mendukung pemerintah dalam mengurangi gas rumah beling sesuai janji Paris COP-21 dengan menurunkan emisi sebesar 29 persen pada 2030.

Tujuan kedua yakni untuk menjamin keberlanjutan investasi industri otomotif nasional yang menyerap tenaga kerja yang banyak. Program LCEV juga disebut sebagai wujud konsistensi kebijakan industri dan kepastian berusaha di Indonesia. Program ini diadaptasi dengan kesiapan pemerintah dalam penyediaan infrastruktur kendaraan listrik.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Mengenal Istilah-Istilah Lcev, Kendaraan Rendah Emisi

Dipublish pada 19 July 2018 | Dilihat sebanyak 348 kali | Kategori: Info & Promo

Mobil plug-in hybrid. Foto: Ruly Kurniawan Jakarta – Pemerintah ketika ini tengah menyiapkan jadwal kendaraan rendah emisi karbon atau sering disebut Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Tapi jangan salah paham, LCEV di sini bukan hanya kendaraan beroda empat listrik di... selengkapnya

Disukai Keluarga Indonesia, Mitsubishi Xpander Sandang Gelar “Car of The Year”

Dipublish pada 12 September 2018 | Dilihat sebanyak 376 kali | Kategori: Info & Promo

Di Indonesia, mobil multi purpose vehicle atau MPV masih jadi yang paling laris. Hal ini tidak terlepas dari karakteristik dan kebutuhan pasar, yang umumnya menginginkan mobil berkapasitas besar sehingga mampu memuat banyak penumpang dan barang untuk bepergian sekeluarga. Tak heran,... selengkapnya

Ini Dia Pajero Sport 2018, Apa Saja yang Berubah?

Dipublish pada 29 September 2020 | Dilihat sebanyak 282 kali | Kategori: Info & Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenal New Pajero Sport Exceed 4×2 AT dan GLX 4×4 di Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta Utara. Unit terbaru ini merupakan hasil penyegaran generasi sebelumnya. Pada awal perkenalannya, kandungan lokal yang... selengkapnya

Jejak Pengunjung

72567
Visit Today : 33
Visit Yesterday : 114
This Month : 2771
This Year : 31828
Total Visit : 72567
Hits Today : 236
Total Hits : 172453
Who's Online : 2

Pembiayaan

- Dipo Star Finance
- Mandiri Utama Finance
- Mandiri Tunas Finance
- BCA Finance
- Infi Finance
- Oto Finance
- Niaga Finance
Chat WhatsApp
Telp Sekarang Juga